by

Wajib Tahu! 5 Fakta Tentang Sejarah Sepatu Adidas

Apakah kamu termasuk salah satu pecinta olahraga? Atau kamu memang sangat hobi dengan olahraga sampai familiar dengan berbagai olahraga? Nah, apapun jawabannya pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan salah satu brand yang identik dengan olahraga, apalagi kalau bukan Sepatu Adidas. Yup, brand yang satu ini memang menjadi salah satu brand inspirasi bagi kita semua karena selain memproduksi berbagai jenis sepatu, pakaian, dan aksesoris olahraga, produk ini juga memiliki latar belakang yang unik. Akan tetapi, belum banyak loh yang tahu mengenai fakta-fakta seputar Sepatu Adidas. Lantas, apa saja sih fakta-fakta mengenai brand yang satu ini yang tidak boleh kamu lewatkan? Temukan jawabannya melalui ulasan berikut ini ya!

  1. Adidas bukan berasal dari Amerika

Selama ini, banyak dari kita yang menduga bahwa Sepatu Adidas merupakan brand yang berasal dari Amerika. Pasalnya, brand ini dibintangi oleh bintang olahraga basket NBA. Memang, NBA sendiri menjadi salah satu olahraga yang paling populer  di Amerika sehingga banyak orang yang mengira Adidas berasal dari sana. Padahal, Adidas merupakan produk yang berasal dari Jerman, bukan Amerika serikat.

  1. Pendirinya merupakan seorang tukang roti

Siapa sih yang pernah menyangka bahwa brand sepatu ternama seperti Sepatu Adidas memiliki fakta yang unik mengenai pencetus utamanya? Jadi, pencetus utamanya merupakan seorang tukang roti. Pria yang bernama Adolf ‘Adi’ Dassler ini merasa kurang cocok dengan pekerjaannya sebagai tukang roti. Hal inilah yang kemudian membuat ia memutuskan untuk beralih ke usaha untuk membuat sepatu. Sebelumnya, ayah Adolf Dassler pun juga merupakan seorang pekerja di sebuah pabrik sepatu. Dan yang lebih uniknya lagi, ternyata Adolf Dassler juga pertama kali mencoba untuk membuat sepatu di dapur cuci milik ibunya. Tentu saja, hal ini merupakan hal yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, mulai dari roti yang bisa dibuat di dapur, beralih menjadi pengusaha sepatu yang kini menjadi salah satu brand terkenal di dunia.

  1. Memiliki taman khusus berupa Adidas Park

Fakta yang tidak kalah unik seputar brand Adidas ialah brand ini ternyata memiliki taman khusus berupa Adidas Park yang berlokasi di Dorchester/Roxbury, Boston Amerika. Di Adidas Park ini, apabila pengunjungnya menggunakan produk selain Sepatu Adidas, maka sepatu kamu akan diambil dan dibuang. Bukan hanya itu saja, diyakini bahwa di Adidas Park, terdapat pohon yang dijadikan tempat untuk sepatu-sepatu selain brand Adidas.

  1. David Beckham dikontrak seumur hidup

Seperti yang kita tahu, David Beckham dikenal sebagai ikon Adidas. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata David Beckham dikontrak seumur hidup oleh Adidas? Hal ini bertujuan agar ia tidak dikontrak oleh produk kompetitor. Lantas, berapakah nilai kontraknya? Tentunya, sangatlah fantastis, yakni lebih dari US$160 juta. Tidak heran, kontrak yang seperti ini memang hal yang lumrah bagi Adidas. Pasalnya, Adidas sendiri pernah kecolongan saat atlet yang mereka sponsori, yakni legenda tenis asal Jerman bernama Bros Becker, tiba-tiba dikontrak oleh brand kompetitornya.

  1. Logo tiga garis untuk menjaga stabilitas sepatu

Ternyata, logo tiga garis yang identik dengan Sepatu Adidas ternyata bertujuan untuk menjaga stabilitas sepatu. Jadi, awalnya garis tersebut bukanlah logo maupun desain. Namun karena identik, akhirnya Adidas mendaftarkan logo tersebut sebagai hak patennya. Maka dari itu, para kompetitor juga harus berhati-hati karena ada yang membuat motif empat garis dan pada akhirnya harus mengganti rugi miliaran rupiah.

Comment

News Feed