by

Toyota Yaris dari Generasi Pertama hingga Sekarang

Toyota Motor Corporation (TMC) merupakan pabrik penghasil mobil terbesar didunia yang didirikan oleh Kiichiro Toyoda pada tahun 1937. Pabrik yang juga melayani finansila dan pembuatan robot ini terletak di Jepang, tepatnya di Toyota, Aichi. Setiap tahunnya Toyota mampu menghasilkan 8 juta hingga 8,5 juta unit mobil diseluruh dunia. Pada awalnya, Toyota Motor Corporation merupakan divisi mobil Pabrikan Tenun Otomatis Toyoda yang didirikan pada bulan September tahun 1933. Kemudian pada tahun 1937, tepatnya pada tanggal 27 Agustus perusahaan tersebut memisahkan divisi mobil yang kemudian terbentuklah Toyota Motor Corporation. Tidak seperti industri otomatif lainnya yang menggunakan nama pendirinya sebagai merk dagang, nama Toyoda tidak digunakan sebagai merk produk. Hal ini dikarenakan penyebutan Toyoda kurang enak untuk didengarkan dan terkesan tidak akrab ditelinga sehingga diubah menjadi Toyota. Toyota sendiri dalam bahasa Jepang memiliki 8 karakter. Bagi masyarakat Jepang 8 dianggap sebagai angak keberuntungan.

Salah satu mobil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation adalah Yaris. Toyota Yaris pertama kali diluncurkan di Eropa pada tahun 1999. Yaris generasi pertama ini merupakan hatchback kecil pengganti Toyota Sacrlet. Saat itu, Toyota Yaris sudah dibekali dengan mesin 1SZ-FE 10000 cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE 1300 cc, serta 1NZ-FE 1500 cc bensin untuk pasar Asia dan mesin diesel 1ND-TV 1400 cc untuk Eropa dengan performa konsumsi bahan bakar yang sudah optimal. Mobil ini juga memiliki desain yang desain menarik dan jaminan keselamatan yang memadai. Hal inilah yang kemudian membuat Toyota Yaris memperoleh penghargaan European Car of The Year Award pada tahun 2000. Selain itu, di Amerika Utara dan Jepang Toyota Yaris diakui sebagai standar model kendaraan Compact two box. Toyota Yaris dirakit di tiga negara yang berbeda yaitu Thailand untuk pasar Asia, Perancis untuk pasar Eropa, dan Jepang dengan nama resmi Vitz. Toyota Yaris mengusung konsep Funtime yang pertama kali diperkenalkan pada pameran mobil Frankfurt, Jerman pada tahun 1997. Nama Yaris sendiri hanya digunakan di Eropa, Kanada, Selandia Baru, dan Australia. Sedangkan di Jepang, mobil ini lebih dikenal sebagai Vitz.

Pada tahun 2005, Toyota Vitz generasi kedua diluncurkan di Jepang dengan nama Yaris. Satu tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2006, Yaris mulai dipasarkan ke seluruh dunia. Toyota Yaris juga mengeluarkan model sport yang dilengkapi dengan mesin 2ZR-FE 1,8 liter yang diluncurkan pada tahun 2007. Untuk Amerika Serikat, Toyota Yaris hadir dalam tiga model yaitu Yaris Hatchback 5 pintu, Yaris Liftback 3 pintu, dan Yaris Senda yang hampir sama dengan Vios. Ketiga model ini memiliki mesin 1NZ-FE 1,5 liter. Sedangkan di Indonesia, Toyota Yaris mulai dipasarkan pada tahun 2006 yang terdiri dari tiga model, yaitu model E, S, dan S limited. Model E berupa automatic dan transmisi manual sedangkan model S dan S limited hanya transmisi automatic. Pada tahun 2013, tepatnya pada bulan Mei Toyota Vios generasi ketiga (NCP 150) sudah mulai diluncurkan. Vios merupakan versi sedan dari Yaris generasi ketiga (NCP 130). Toyota Yaris generasi ketiga (NCP 150) di Indonesia dirakit di daerah Karawang, Jawa Barat. Toyota Yaris ini memiliki tiga tipe, yaitu G, E, dan TRD Sportivo dengan transmisi manual dan otomatic. Di Indonesia, harga Toyota Yaris dibanderol mulai dari Rp 238,4 juta.

Comment

News Feed