by

Tips Mengurangi Penumpukan Sampah Plastik Disekitar Kita

Sampah plastik menjadi salah satu masalah terbesar yang ada di Indonesia. Penggunaan sampah plastik yang bersifat masif dan bahkan sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Banyak himbauan dari LSM maupun pemerintah mengenai pengurangan penggunaan plastik di Indonesia. Namun ada beberapa hal yang sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik seperti:

  • Membawa Tas Belanja Sendiri Kemana-mana

Salah satu tindakan sederhana yang bisa kita lakukan adalah membawa 1 totebag atau eco bag yang bisa dibawa kemana-mana terutama ketika kita berbelanja baik ke minimarket atau supermarket. Dengan membawa tas belanja sendiri kemana-mana, tidak ada lagi tumpukan tas plastik menumpuk di rumah dan yang dibuang begitu saja karena tidak dipakai.

  • Membawa Kotak Makan Sendiri

Biasanya ketika kita akan membeli makanan baik di restoran cepat saji atau sekedar di tempat makan seperti warteg atau makanan pinggir jalan. Ketika kita memilih untuk dibungkus saja biasanya kita akan diberikan banyak plastik untuk membungkus makanan kita, apalagi jika kita membeli makanan dengan jenis berbeda-beda dan berkuah. Akan semakin banyak plastik yang digunakan untuk membungkusnya. Kalau kita memang tipe yang tidak sempat masak sendiri dan terbiasa membeli makanan dari luar. Cobalah untuk membawa kotak makan sendiri sebagai bentuk usaha kita mengurangi plastik sampah. Selain itu membawa kotak atau rantang makan sendiri akan lebih praktis karena kita tidak usah memindah-mindahkan makanan yang dibeli ke wadah baru. Dan tentunya menjadi lebih rapi dan praktis.

  • Mengurangi Penggunaan Tisu Basah

Bagi yang belum tahu, tisu basah dibuat dari resin plastik, itu kenapa tisu basah tidak bisa larut dalam air berbeda dengan tisu kering. Akan lebih baik jika menggunakan lap kain jika ingin mengelap atau langsung basahi saja tisu kering sedikit air. Tidak akan sulit kok menghilangkan kebiasaan kita yang bergantung dengan tisu basah, karena ada banyak barang pengganti lainnya yang lebih ramah lingkungan dibandingkan tisu basah.

  • Menggunakan Produk dengan yang Dikemas dengan Beling Kaca atau Karton

Manfaat yang bisa kita dapatkan selain membeli barang yang dikemas dengan beling kaca adalah selain ramah lingkungan, tapi bisa digunakan kembali untuk wadah lainnya. Sedangkan untuk kemasan karton karena bahannya yang mudah larut dan terurai dibandingkan dengan plastik.

  • Bawa Botol Minum Sendiri

 Botol minum kemasan plastik adalah salah satu jenis sampah plastik yang paling banyak ditemukan karena hanya bisa sekali pakai dan akan mengganggu kesehatan jika digunakan lebih dari 2 kali. Maka dari itu biasakan membawa botol sendiri,dengan mengisi air minum dari rumah.

  • Menggunakan Sedotan Yang Terbuat dari Stainless

Setidaknya langkah kecil yang bisa kita lakukan menghindari penggunaan plastik adalah membawa sedotan yang terbuat dari stainless, untuk minum minuman favorit kita di cafe maupun restoran.

  • Belajar Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Jika tidak mau banyak sampah plastik semakin menumpuk di rumah atau di sekitar lingkungan tempat kita tinggal. Kenapa tidak sekalian saja dimanfaatkan untuk digunakan kembali alias di daur ulang. Tidak hanya bantu-bantu mengurangi volume sampah plastik di lingkungan tempat tinggal. Kita juga bisa jadikan sebagai lahan bisnis baru. (1)

Berbicara mengenai pengelolaan sampah plastik yang berupa daur ulang sampah plastik, kita harus memahami apa definisi dari daur ulang sampah plastik tersebut. Daur ulang plastik merupakan upaya untuk mengelola dan menggunakan plastik bekas agar dapat digunakan kembali atau diolah menjadi barang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan memiliki nilai jual.Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang disebabkan dari membuang sampah plastik sembarangan. Pengelolaan yang tepat bisa membantu untuk mengurangi penumpukan sampah plastik di sekitar kita. Hal ini sejalan dengan kampanye AQUA, yaitu #BijakBerplastik. Kampanye tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar menggunakan plastik dengan lebih bijak. Bentuk dari kampanye tersebut ada 3 pilar utama, yaitu: Pengumpulan Sampah Botol Plastik, Bersinergi dengan Pemerintah dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik, menerapkan teknologi pengumpulan sampah yang inovatif dan melakukan pemberdayaan pekerja persampahan terutama di sektor informal. Lalu, Edukasi mengenai Sampah Plastik, Berkolaborasi dengan media, institusi pendidikan, LSM, ritel dan penyedia layanan melalui platform digital memimpin kampanye edukasi pengelolaan sampah yang akan mendorong peningkatan kesadaran dan perubahan perilaku. Dan Melakukan Inovasi pada setiap produk AQUA, Berkomitmen untuk membuat kemasan 100% dapat digunakan kembali, didaur ulang atau dijadikan kompos. Terus melakukan riset dan inovasi untuk mendorong penggunaan kemasan yang sirkular dan menciptakan dampak yang positif bagi lingkungan (2). Tentu hal ini sangat baik bagi kita, karena AQUA membantu kita untuk pengelolaan sampah plastik yang ada di Indonesia. Jadi pilihlah AQUA dalam pemenuhan hidrasi harian. Selain berkualitas dan higienis, AQUA juga cinta lingkungan dengan kampanye #BijakBerplastiknya. Kita juga harus lebih bijak dalam penggunaan plastik agar kita bisa mendukung kampanye #BijakBerplastik dari AQUA.

  1. https://www.cermati.com/artikel/cintai-bumi-kurangi-sampah-plastik-dengan-7-cara-sederhana-ini
  2. https://bijakberplastik.aqua.co.id/pilar/

Comment

News Feed