by

Pilihan dari Produk Dana untuk Pensiun

Memang sih usia boleh muda, maka masa produktif bekerja juga mungkin masih lama, akan tetapi tidak ada salahnya jika kamu mulai untuk mempersiapkan dana pensiun yakni dari sekarang. Dan mengapa demikian bisa terjadi? Ini di sebabkan oleh lama masa pensiun tidak pasti dan juga kamu tidak memiliki penghasilan tetap lagi. Tidak hanya itu, ketika kamu telah pensiun, maka kamu juga rentan sakit.

Kemudian akan menyiapkan simpanan untuk pensiun penting untuk kelangsungan hidup kamu di hari tua nanti. Umumnya tiap perusahaan juga akan memberikan alokasi jaminan pensiun untuk pegawainya dan juga ada yang dikelola sendiri. Akan tetapi, bagaimana nasib orang yang tidak berkerja yakni pada perusahaan tertentu misalnya seperti pengusaha ataupun para freelancer?

Untuk kamu seorang pengusaha ataupun freelancer yang tidak bekerja secara tetap untuk perusahaan manapun dan dimana pun maka merencanakan dana pensiun juga perlu dilakukan secara serius. Hal ini bukan seperti pegawai pada umumnya yang telah memperoleh jaminan pensiun pada tiap bulannya, sehingga yang tidak bekerja secara tetap untuk siapapun maka perlu menyisihkan penghasilan dan juga uang ditabung ke simpanan pensiun. Jadi ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun. Yakni apa saja sih kira-kira yang harus dilakukan?

Manfaatkanlah Program Dana Pensiun Pada Lembaga Keuangan

Apabila kebetulan kamu adalah seorang pengusaha ataupun freelancer, maka kamu juga perlu mengalokasikan sebagian penghasilan kamu untuk modal pensiun di hari tua. Karena saat ini, sudah banyak lembaga keuangan yanv seperti Bank Umum ataupun Asuransi Jiwa yang memberikan layanan tabungan pensiun untuk individu. Pada umumnya, program dana pensiun yang dijalankan ialah berupa tabungan investasi.

Maka kamu hanya perlu membayarkan nominal yang sama setiap bulannya kepada pihak pengelola. Untuk dana yang akan diterima nantinya yang juga merupakan hasil investasi yang telah dikembangkan, maka sehingga nominalnya bergantung pada keberhasilan investasi yang akan dilakukan.  Karena sudah banyak perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan program dana pensiun yang berjangka, salah satunya yakni PFI Mega Life.

Cobalah Memilih Tabungan Emas

Tidak hanya memanfaatkan program pensiun dari lembaga keuangan yakni seperti misalnya Bank dan Asuransi Jiwa, maka kamu juga bisa mempersiapkan dana pensiun dengan tabungan emas. Maka tabungan emas dapat dijadikan pilihan karena harganya yang cenderung stabil dan juga tidak dipengaruhi oleh inflasi. Tidak hanya itu, nilai emas yang naik untuk setiap tahunnya juga akan menjadi alasan mengapa menabung emas juga perlu dijadikan pilihan.

Namun jika kamu menabung emas, maka kamu tidak perlu terlalu banyak berspekulasi dan mengambil resiko misalnya seperti menabung saham. Kemudian membuka tabungan emas juga caranya tidak sulit karena saat ini sudah banyak Bank Umum yang telah menyediakan program tabungan emas. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memulai tabungan emas di Pegadaian dan juga di Antam sebagai lembaga resmi yang menjual emas yang ada di Indonesia.

Banyak sekali manfaat dari memiliki tabungan pensiunan misalnya seperti menyiapkan dana setelah pensiun, karena banyak sekali mereka yang tidak mau merepotkan anak-anak mereka untuk menunjang masa tuanya kelak meskipun sebenarnya itu adalah tanggung jawab dari anak-anaknya yang harus memenuhi kebutuhan orang tua di masa tuanya. Maka menabung emas juga bisa jadi pilihan dari produk dana untuk pensiun.

Comment

News Feed