by

Pentingnya Sumber Mata Air Untuk Air Minum Dirumah

Air minum merupakan cairan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidrasi pada tubuh manusia. Hal ini dikarenakan tubuh manusia sebagian besarnya diliputi oleh cairan. Sehingga, saat tubuh kekurangan cairan atau yang lebih dikenal dengan dehidrasi, dapat menurunkan fungsi-fungsi dari tubuh itu sendiri, khususnya organ-organ krusial seperti jantung, ginjal, dan lainnya. Namun, air yang dapat dikonsumsi oleh tubuh bukanlah segala macam air. Ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi agar air yang dikonsumsi tersebut benar-benar layak serta aman untuk tubuh. Syarat dasarnya adalah harus terbebas dari bakteri dan kuman serta terhindar dari kontaminasi zat-zat yang berbahaya. Karena menjaga kualitas air untuk dikonsumsi yang berasal dari sumber air bersih itu sendiri, merupakan kewajiban setiap orang memastikan asupan yang diserap tubuhnya merupakan asupan terbaik.

90% dari kasus diare di negara berkembang terjadi akibat kualitas air minum yang buruk. Ini dikarenakan ketidak pedulian orang-orang dalam sisi manfaat atau efek dari mengkonsumsi sesuatu sehingga masih cukup banyak orang yang tidak menjadikan higienis sebagai prioritas. Selain itu juga, banyak kasus di dunia kesehatan bahwa pola hidup yang kurang baik yang mendominasi seseorang mengalami sakit kronis seperti stroke, dan tekanan darah tinggi. Beberapa pola hidup seperti jam istirahat yang kurang atau tidak sesuai dengan waktunya, kurangnya berolahraga, hingga mengkonsumsi makanan serta minuman yang tidak sehat seperti junk food dan minuman bersoda.

Salah satu aplikasi kesehatan[1] pun mengemukakan pentingnya mengkonsumsi air putih secara rutin dan teratur :

  • Memenuhi kadar kebutuhan cairan pada tubuh atau menjaga hidrasi tubuh, sehingga fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi terutama peredaran darah ke seluruh tubuh, serta fungsi ginjal tidak mengalami gangguan.
  • Menjaga sistem kerja hati dan jantung karena peredaran darah yang lancar sehingga jantung dan hati dapat bekerja secara maksimal.
  • Memaksimalkan energi pada otot, serta melumasi sendi-sendi agar tetap lentur sehingga mencegah kelelahan pada otot.
  • Menyeimbangkan berat badan dengan mengendalikan asupan kalori tubuh karena air putih mengandung kalori yang tinggi
  • Mencegah penuaan dini dengan mengencangkan kulit serta melembabkannya karena dengan air putih, tubuh mendapat kesegaran alami dari dalam.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Melindungi sistem pencernaan karena bekerja sebagaimana mestinya karena kebutuhan air terpenuhi sehingga tidak mengambil cairan-cairan dari sisa asupan makanan yang telah kita konsumsi, yang dapat membuat pencernaan bermasalah seperti warna urine yang kuning pekat, serta kotoran saat buang air besar menjadi lebih keras.

Karena itu AQUA hadir dengan kesegaran dan kebaikan alam untuk menemani segala rutinitas Anda. Beberapa kriteria wajib AQUA jalankan sebagai dasar untuk menentukan sumber air[2], yaitu penentuan kriteria khusus berupa perancangan sembilan kriteria sumber air yang akan dijadikan pijakan dalam memilih mata air bersama para ahli geologi dan geohidrologi yang juga berkolaborasi dengan para ahli dari beberapa perguruan tinggi ternama. Tercatat mereka melakukan studi geohidrologi bersama Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Paris 6. Setelah itu, dilakukan berbagai uji coba untuk memastikan air AQUA berasal dari sumber terbaik segera dilakukan berupa lima seleksi untuk menentukan sumber air selama setahun untuk mempelajari karakteristik mata air tersebut. Kemudian menentukan sumber mata air yang akan digunakan dan kembali melakukan uji coba sekaligus tes kualitas sebelum menjadi sumber air AQUA yang saat ini AQUA memiliki 17 mata air yang terpilih yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Sejak tahun 1982, AQUA memilih mata air pegunungan karena menjamin kemurnian air yang dihadirkan untuk Anda, karena mata air pegunungan memiliki keunggulan khusus dengan mengandung banyak mineral karena melewati banyak lapisan permukaan tanah pegunungan yang kaya akan manfaat. Maka dari itu, AQUA selalu melakukan perawatan lingkungan khususnya di sekitar sumber air dari hulu hingga ke hilir demi kelanjutan bumi yang lebih baik dan lebih sehat. Hal ini selaras dengan komunikasi baru AQUA, “Terlindungi Untuk Melindungi”.

Referensi:

  • https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
  • https://www.sehataqua.co.id/begini-cara-memastikan-aqua-berasal-dari-mata-air-terbaik/

Comment

News Feed