by

Memiliki Keluarga dengan Riwayat Diabetes? Cegah Terkena Diabetes dengan Tips Berikut!

Gangguan penyakit pada diri manusia bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kebersihan, kontaminasi, infeksi, hingga keturunan bisa menyebabkan Anda berurusan dengan penyakit tertentu. Salah satu contoh penyakit yang disebabkan karena keturunan adalah penyakit gula atau diabetes. Mereka yang memiliki orang tua ataupun keluarga lain dengan kondisi diabetes memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit yang sama. Namun bukan berarti Anda langsung pasti terkena diabetes akan tetapi, Anda akan lebih mudah terkena diabetes dibandingkan mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan diabetes.

Ada dua macam diabetes yang diderita oleh masyarakat dunia yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe dua atau diabetes melitus ini merupakan tipe diabetes yang bisa diturunkan kepada keturunannya dibandingkan dengan diabetes type 1. Lalu bagaimana cara agar Anda yang memiliki resiko tinggi terkena diabetes bisa mencegah penyakit tersebut hinggap di tubuh Anda? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa mulai Anda terapkan pada diri sendiri dan anggota keluarga lainnya:

  • Kurangi minuman manis.

Pemilik resiko tinggi diabetes melitus harus menjaga pola makan agar lebih sehat dari orang lain. Mulailah mengurangi asupan gula atau menggantinya dengan gula jagung yang rendah gula. Batasi minum minuman yang manis hanya satu kali dalam sehari atau bahkan menghilangkannya sama sekali. Hal ini juga berlaku untuk makanan yang manis seperti kue brownis, nastar, cake ataupun umbi-umbian.

  • Pola makan sehat.

Selain sumber gula, Anda juga perlu menjaga pola makan agar tidak mengalami obesitas. Mereka yang memiliki obesitas sangat besar kemungkinannya akan juga memiliki penyakit gula. Karena itu pilihlah menu makanan yang seimbang dan sesuai dengan aktifitas yang Anda jalani sehari-hari. Berikut ini adalah contoh-contoh dalam memilah menu makanan yang baik untuk Anda orang yang beresiko tinggi diabetes:

  • Mengganti lemak jahat dengan lemak baik yaitu dengan banyak mengkonsumsi biji-bijian dibandingkan fast food atau makanan yang digoreng.
  • Ganti daging merah dengan daging ayam dan ikan.
  • Konsumsi bijian utuh seperti gandum utuh untuk sumber kalori dibandingkan nasi putih, roti, kentang tumbuk dan sebagainya.
  • Aktifitas fisik.

Jangan malas bergerak. Dengan banyak bergerak baik untuk olahraga maupun beraktivitas biasa, Anda dapat meluruhkan lemak yang ada di dalam tubuh begitu juga timbunan gula di dalam pembuluh darah.

  • Kebiasaan sehat.

Jaga kebiasaan atau pola hidup Anda dengan tidak merokok, tidak minum minuman keras dan menghindari penyebab stress. Perlu diketahui bahwa merokok sangat memperbesar kemungkinan Anda terkena diabetes sehingga bagi Anda yang saat ini masih merokok, segera hentikan kebiasaan buruk tersebut sebelum diabetes betul-betul ada pada diri Anda.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan resiko diabetes pada diri Anda tidak semakin besar dan berubah menjadi penyakit yang menjengkelkan. Jika sudah terkena diabetes maka akan banyak sekali pantangan-pantangan yang mesti Anda lakukan melebihi upaya pencegahan tersebut. belum lagi konsumsi obat-obatan yang perlu diminum setiap hari untuk menjaga kadar gula darah agar tidak melebihi batas. Penderita diabetes juga memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi hingga masalah pembekuan darah. Biasakan menerapkan pola hidup sehat bukan hanya untuk Anda namun juga keluarga lainnya karena sama-sama memiliki resiko tinggi terkena diabetes.

Comment

News Feed