Manfaat Susu Rendah Laktosa bagi Kesehatan Anda

Gaya Hidup21 views

Susu rendah laktosa, juga dikenal sebagai susu yang difilter, telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Susu ini diproses dengan cara menghilangkan sebagian besar laktosa, gula alami dalam susu. Namun, apakah susu rendah laktosa benar-benar bermanfaat bagi kesehatan Anda? Artikel ini akan membahas manfaat susu rendah laktosa bagi kesehatan Anda.

Menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat utama dari susu rendah laktosa adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kebanyakan orang tidak dapat mencerna laktosa dengan baik, yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti gas, kembung, dan diare. Dengan mengonsumsi susu rendah laktosa, Anda dapat mengurangi jumlah laktosa yang Anda konsumsi, sehingga mengurangi risiko masalah pencernaan yang terkait dengan laktosa.

Menambah asupan kalsium

Susu rendah laktosa tetap kaya akan nutrisi, termasuk kalsium. Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi yang kuat. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis atau tulang keropos. Dengan mengonsumsi susu rendah laktosa, Anda dapat mendapatkan manfaat kalsium tanpa khawatir masalah pencernaan yang disebabkan oleh laktosa.

Menurunkan risiko obesitas

Susu rendah laktosa juga dapat membantu menurunkan risiko obesitas. Kebanyakan susu memiliki kandungan lemak yang tinggi, dan hal ini dapat menyebabkan kelebihan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Dengan mengonsumsi susu rendah laktosa, Anda dapat mengurangi asupan lemak dalam makanan Anda, sehingga membantu menurunkan risiko obesitas.

Meningkatkan kesehatan jantung

Susu rendah laktosa juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kebanyakan susu memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi, dan hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan mengonsumsi susu rendah laktosa, Anda dapat mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan Anda, sehingga membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Menjaga berat badan yang sehat

Susu rendah laktosa juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Karena susu rendah laktosa lebih rendah kalori dan lemak, maka Anda dapat mengonsumsi susu rendah laktosa tanpa khawatir menambah berat badan. Dalam jangka panjang, konsumsi susu rendah laktosa secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Susu rendah laktosa telah menjadi pilihan populer bagi orang-orang yang memiliki intoleransi laktosa atau kesulitan mencerna laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu. Namun, selain itu, susu rendah laktosa juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat susu rendah laktosa bagi kesehatan Anda.

  1. Memperbaiki Kesehatan Tulang Susu rendah laktosa mengandung kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium diperlukan untuk membangun dan memperbaiki tulang dan jaringan lainnya dalam tubuh. Orang yang tidak mendapatkan cukup kalsium dalam diet mereka mungkin mengalami masalah kesehatan seperti osteoporosis. Dalam satu cangkir susu rendah laktosa, terdapat sekitar 300 mg kalsium, atau sekitar 30% dari kebutuhan harian Anda.
  2. Menjaga Kesehatan Jantung Susu rendah laktosa juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Ini karena susu rendah laktosa mengandung vitamin D dan kalium. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium juga dapat membantu menjaga tekanan darah normal, yang dapat mengurangi risiko masalah kesehatan jantung.
  3. Menjaga Kesehatan Pencernaan Susu rendah laktosa mungkin lebih mudah dicerna oleh orang-orang yang memiliki intoleransi laktosa. Ini karena laktosa dalam susu telah dipecah menjadi glukosa dan galaktosa, sehingga tubuh tidak perlu mencerna laktosa lagi. Ini dapat membantu mengurangi gejala intoleransi laktosa seperti perut kembung, diare, dan sakit perut.
  4. Membantu Mengatur Berat Badan Susu rendah laktosa dapat membantu Anda mengatur berat badan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “The American Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak susu rendah laktosa mengalami penurunan berat badan yang lebih besar daripada orang yang mengonsumsi susu biasa. Hal ini mungkin karena susu rendah laktosa mengandung lebih sedikit kalori daripada susu biasa.
  5. Meningkatkan Kesehatan Mental Susu rendah laktosa juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Ini karena susu rendah laktosa mengandung asam amino triptofan, yang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin dalam otak. Serotonin adalah zat kimia otak yang membantu mengatur suasana hati dan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Kesimpulannya, susu rendah laktosa memiliki banyak manfaat kesehatan yang penting. Dari memperbaiki kesehatan tulang hingga membantu mengatur berat badan, susu rendah laktosa dapat menjadi bagian penting dari diet sehat Anda. Jika Anda memiliki intoleransi laktosa atau kesulitan mencerna laktosa.

Comment