Macam-macam Bentuk Ketupat Lebaran Asal Indonesia

Berita, Makanan2 views

Seperti yang diketahui bahwa ketupat lebaran merupakan jenis makanan yang sering dijumpai ketika hari raya Idul Fitri tiba. Biasanya orang-orang sering mendapatkan ketupat yang memiliki bentuk wajik.

Padahal faktanya, ketupat telah hadir dengan bentuk yang beragam dan bervariasi. Berikut merupakan macam-macam bentuk ketupat untuk hari raya yang berasal dari Indonesia antara lain:

  • Ketupat jago

Semua orang tahu bahwa saat hari raya Idul Fitri akan ada banyak orang yang berbondong-bondong mulai membuat ketupat. Biasanya hidangan ketupat lebaran ini akan disantap bersama dengan lauk-pauk sampingan seperti opor ayam maupun lontong sayur.

Meskipun begitu, ketupat tidak hanya hadir dengan bentuk wajik saja. Ada berbagai macam bentuk ketupat asal Indonesia yang jarang diketahui oleh orang-orang.

Salah satu ketupat lebaran yang memiliki bentuk yang unik adalah ketupat jago. Dalam hal ini, ketupat jago merupakan salah satu bentuk ketupat yang berasal dari Sudimoro Kudus.

Menurut orang yang membuat ketupat jago, ketupat ini dibuat dengan menggunakan 8 helai janur. Ciri-khusus yang hanya bisa dijumpai fi ketupat ini adalah bentuknya yang menyerupai segitiga sama kaki dengan ujungnya yang menjuntai pada bagian kanan dan kiri.

Setelah itu, helaian janur pada bagian atas ketupat siikat. Selain untuk hari raya Idul Fitri, biasanya ketupat jago juga dibuat untuk syukuran empat bulanan. Karena dengan membuat ketupat ini diharapkan bayi laki-lakinya nanti akan memiliki watak yang jago, berkarisma dan memiliki kedudukan yang tinggi.

  • Ketupat tumpeng

Sesuai dengan namanya, ketupat tumpeng hadir dengan bentuk mengerucut serta dasarnya yang berbentuk lebar. Sementara helaian janur yang ada di bagian bawahnya memiliki bentuk runcing.

Dengan bentuknya yang seperti itu membuat ketupat tumpeng memiliki bentuk seperti tumpeng. Biasanya ketupat ini akan disajikan saat lebaran tiba.

Karena memiliki bentuk yang unik mengakibatkan ketupat tumpeng ini diincar oleh banyak orang. Biasanya ketupat yang satu ini akan disantap menggunakan opor ayam atau sambal ati.

  • Ketupat sidalungguh

Pada dasarnya Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak jenis ketupat dengan bentuk yang beragam. Salah satu ketupat yang bisa ditemukan waktu hari raya Idul Fitri tiba adalah ketupat sidalungguh.

Perlu diketahui bahwa ketupat sidalungguh memiliki karakteristik berupa adanya 3 helai janur yang sengaja dikeluarkan dari sisiannya. Selain untuk hari raya, biasanya ketupat yang satu ini disajikan untuk acara syukuran empat bulanan.

Dalam acara tersebut, ketupat sidalungguh dianggap sebagai simbol ditiupkannya ruh ke dalam kandungan sang ibu. Sehingga sang bayi yang ada di dalam kandungan akan diberikan dudukan (sida lungguh) sebagai manusia yang kecil.

  • Ketupat sari

Perlu diketahui bahwa ketupat sari memiliki bentuk berupa segitiga sama sisi yang menyerupai ketupat jago. Hanya saja, ketupat ini memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dibandingkan ketupat jago.

  • Ketupat bata

Juga disebut sebagai ketupat luwar, ketupat bata telah dibuat memakai dua helai jamur. Sama seperti namanya, ketupat bata sendiri akan dianyam menjadi bentuk persegi panjang yang membuatnya terlihat seperti batu bata.

  • Ketupat debleng

Sementara ketupat debleng sering diperlihatkan sebagai ketupat yang memiliki bentuk bangunan seperti belah ketupat. Hal ini disebabkan karena ujung dari janur ketupat ini telah dikeluarkan pada dua sudut yang berseberangan.

  • Ketupat sidapurna

Perlu diketahui bahwa ketupat sidapurna menjadi jenis ketupat yang memiliki bentuk paling unik di Indonesia. Hal ini disebabkan karena ketupat ini telah hadir dengan bentuk huruf P.

Pada dasarnya ada banyak jenis dan bentuk ketupat di Indonesia. Itulah tadi berbagai macam bentuk ketupat lebaran yang bisa Anda buat di rumah.

Comment