by

Inilah 5 Kelemahan dari Virus Corona yang Dapat Digunakan untuk Cegah Penularannya

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan dari keberadaan wabah virus Corona ini sebenarnya tak lain adalah penularannya yang tergolong begitu cepat. Bahkan satu orang yang membawa virus tersebut sangat mungkin menularkannya kepada ratusan orang lain yang ada di luar sana. Sebagian akan langsung menunjukkan gejala secara nyata. Hanya saja juga tidak dipungkiri jika seandainya sebagian lainnya tidak menunjukkan gejala, inilah yang paling berbahaya.

Bahkan sampai sekarang ini dapat dikatakan ada banyak sekali masyarakat yang sudah terinfeksi. Bahkan di dunia sendiri tercatat setidaknya ada sekitar 1 juta kasus lebih, dengan angka kematian sampai dengan puluhan ribu nyawa. Bahkan dapat diprediksi jumlah tersebut nantinya akan senantiasa meningkat. Mengingat hingga sekarang ini belum ada vaksin yang benar-benar efektif untuk mengatasinya dan masih terus dicari.

Hanya saja meskipun tergolong sebagai infeksi yang cukup mematikan, namun tidak dapat dipungkiri juga jika seandainya virus Corona ini memiliki beberapa kelemahan. Dimana kelemahan ini nantinya bisa Anda manfaatkan sebagai upaya untuk mencegah atau memutus rantai penyebarannya, diantaranya adalah:

  1. Dapat dengan mudah hilang dengan pelarut lemak, artinya memang sabun yang Anda gunakan sehari-hari untuk mencuci tangan sampai dengan mandi ternyata begitu efektif di dalam membunuh virus yang satu ini. Mengingat di dalam Coronavirus ini pada dasarnya terdapat 3 buah bagian, yaitu RNA, protein dan juga lemak yang berfungsi untuk melindungi atau menyelubunginya. Lapisan lemak yang ada pada bagian permukaan luar dan berfungsi sebagai pelindung tersebut nantinya dapat di hancurkan dengan memakai pelarut lemak, termasuk diantaranya yang terdapat dalam sabun. Itulah mengapa Anda dihimbau untuk cuci tangan secara rutin memakai sabun.
  2. Dapat dikalahkan oleh antibodi alami yang ada di dalam tubuh, pada dasarnya setiap orang dibekali dengan sistem imuns atau antibodi yang fungsinya adalah melawan infeksi bakteri dan juga virus yang menyerang. Dengan meningkatkan sistem imuns tersebut nantinya berperan di dalam mempercepat penyembuhan atau melawan virus yang menginfeksi. Itulah mengapa kebanyakan diantara orang-orang yang terjangkit virus ini dan sulit sembuh adalah golongan dengan kekebalan tubuh lemah.
  3. Dapat dibunuh dengan desinfektan, tidak perlu khawatir juga jika seandainya virus tersebut menempel pada benda yang Anda gunakan sehari-hari atau ada di sekitar Anda. Mengingat faktanya Coronavirus lemah terhadap desinfektan, sama halnya dengan virus-virus yang lainnya. Sehingga upaya pencegahan yang dapat digunakan diantaranya adalah dengan menyemprot desinfektan. Namun tetap harus berhati-hati di dalam penggunaannya.
  4. Dapat melemah jika terkena suhu panas, memang faktanya belum ada penelitian lanjut terkait dengan hal ini. Namun berdasarkan data yang sebelumnya pernah diterbitkan oleh Who dikatakan bahwa virus penyebab SARS yang masih satu kelompok dengan Corona ini bisa terbunuh pada suhu 56 derajat Celcius, itulah mengapa jarang sekali penyebarannya di negara-negara beriklim tropis.
  5. Tidak dapat bertahan lama pada permukaan atau udara, sejalan dengan bertambahnya waktu, ternyata ditemukan fakta lain dimana virus ini tidak dapat bertahan lama ketika ada di atas permukaan, khususnya adalah udara. Sehingga tidak heran jika seandainya WHO sendiri tidak melarang adanya pengiriman paket antar negara.

Itulah beberapa kelemahan dari virus Corona yang bisa dijadikan sebagai senjata untuk melawannya. Guna informasi yang lebih lengkap terkait dengan wabah mematikan ini, maka Anda bisa mengakses di situs Halodoc.

Comment

News Feed