by

Cara Memilih dan Cara Merawat Jam Tangan Pria

Fungsi jam tangan saat ini selain di gunakan untuk penunjuk watktu, bisa juga dianggap sebagai penunjuk status sosial dan juga sikap bagi si pemakai jam tangan tersebut. Dengan banyaknya merek dan jenis jam tangan tentunya membuat kamu bingung dalam memilihih jenis jam tangan yang di inginkan.
tentuya setiap orang menginginkan menggunakan jam tangan yang nyaman, karena berapa pun harga jam tangan yang kamu pakai tidak akan berfungsi maksimal jika tidak nyaman digunakan. Karena kenyamanan dalam menggunakan jam tangan belum tentu didapat dari sebuah jam tangan yang di bandrol dengan harga puluhan atau ratusan juta rupiah jadi tidak menutup kemungkinan juga kenyamanan akan datang dari sebuah jam tangan yang di bandrol dengan harga ratusan ribu rupiah saja.

Dalam memilih jam tangan yang nyaman di gunakan ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan diantaranya adalah:

Jam Tangan Pria

  1. Sesuaikan Jam Tangan dengan Pergelangan Tangan

Penggunaan jam tangan pada pergelangan tangan kamu tentunya akan sangat mempengaruhi kenyamanan, kamu harus pintar dan juga selektif dalam memilih jam tangan yang cocok dan juga sesuai. Cara yang di gunakan untuk mengetahui apakah jam tangan kamu cocok dengan pergelangan tangan adalah dengan menanyakan kepada teman atau keluarga kamu yang berada disekitar nantinya mereka akan memberikan jawaban secara objektif. Namun untuk mengetahui lebar tali jam tangan yang proporsional sehingga nyaman di gunakan adalah sekitar setengah dari diameter jam tangan  yang kamu gunakan. Ini dia beberapa referensi ukuran ideal jam tangan pria maupun wanita yang sudah disesuaikan dengan lingkar lengan.

Lingkar lengan < 15 cm = diameter 34-36 mm.

Lingkar lengan 15 sampai 17 cm = diameter 38 mm, 40 mm, 42 mm.

Lingkar lengan 19 sampai 20 cm = diameter 44 mm dan 46 mm.

Lingkar lengan >20 cm = diameter 48 mm dan 50 mm.

  1. Sesuaikan Pemilihan Jam Tangan dengan Kondisi

Tidak semua jam tangan pria maupun jam tangan wanita bisa fleksibel digunakan di acara apa pun. Maka dari itu pastikan kamu sudah mengetahui dengan pasti akan menggunakan jam tangan seperti apa ke dalam tipe acara seperti apa. Kalau memang jam tangan tersebut digunakan untuk dipakai saat bekerja, belilah jam tangan model analog yag berbahan titanium atau stainless steel. Tapi jika jam tangan yang akan kamu gunakan akan dipakai untuk olahraga sebaiknya kemu membeli jam tangan bergaya sporty yang umumnya berbentuk digital. Dalam penggunaak jam tangan untuk pria sebaiknya kamu jangan lupa untuk memadukan tali jam tangan kamu dengan aksesoris lainnya seperti sabuk dan juga sepatu. Jika tali jam tangan kamu berwarna cokelat, maka sebaiknya kamu memilih sabuk dan sepatu dengan warna yang senada. Khusus untuk tali jam tangan yag berwarna perak kamu bisa memadukannya dengan aksesoris lain yang berwarna hitam.

Setelah kamu mengetahui bagaimana memilih jam tangan pria dan jam tangan wanita sekarang mari kita bahas bagaimana cara merawat jam tangan supaya tetap awet di gunakan. Jika kamu ingin jam tangan kesayangan tetap berfungsi dengan baik untuk jangka waktu yang lama, kamu perlu tahu bagaimana cara merawat jam tangan tersebut dengan benar. Ingin tahu bagaimana tips merawat jam tangan supaya awet dan tahan lama dan bisa digunakan setiap saat seperti baru lagi, ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Membersihkan Tali Jam

Dalam merawat jam tangan tidak hanya case jam tangan saja yang harus kamu bersihkan. Tali jam tangan juga sangat penting untuk kamu bersihkan. Tali jam tangan terdiri dari berbagai material seperti stainless steel, kulit, dan karet. Membersihkan tali jam tangan sangat penting karena bersentuhan langsung dengan kulit kamu yang berkeringat. Dalam membersihkan tali jam tangan tentunya berbeda beda tergantung jenis tali jam tangan yang kamu gunakan. Tali jam karet tergolong yang paling mudah untuk dibersihkan, cukup gunakan kain lap lembut yang basah dan kamu bisa sikat halus untuk mengangkat sisa-sisa keringat yang menempel.Tali jam yang berbahan stainless steel bisa di bersihkan dengan sikat kecil halus agar kotoran dan sisa-sisa keringat yang menempel terutama pada sela-sela tali jam bisa bersih. Tali jam kulit memerlukan perawatan yang khusus, kamu bisa memakai lap halus kering untuk membersihkan tali bagian luar dan dalam secara rutin. Kamu juga bisa menggunakan produk pembersih kulit dari manufaktur jam jika diperlukan. Sangat di sarankan untuk menghidari membersihkan tali jam kulit dengan menggunakan air. Tali jam kanvas termasuk salah satu yang mudah untuk dibersihkan. Kamu bisa melepaskannya lalu membersihkannya dengan air hangat dan sabun lalu biarkan kering dalam beberapa waktu. Hindari mengeringkan tali jam berbahan kanvas dengan hair dryer dan sinar matahari langsung.

  1. Kenali Fungsi Water Resistance Jam Tangan

Tidak semua jenis jam tangan mempunyai fitur Water Resistance. Kalau memang jam kamu memiliki fitur water resistant, pastinya setiap jam mempunyai berbagai tingkat yang berbeda. Secara umum, hindari jam tangan bersinggungan dengan cairan berbahan kimia seperti cologne, perfume, minyak dan kosmetik lainnya. Karena cairan tersebut bisa merusak case dan strap pada jam tangan kamu. Pastikan juga perfume yang kamu gunakan mengering di pergelangan tangan sebelum kamu memakai jam tangan.

  1. Ganti Baterai Jam Dan Servis Secara Berkala

Biasanya rata-rata umur baterai pada sebuah jam tangan quartz adalah tiga sampai empat tahun. Nyawa baterai jam tangan bergantung pada beberapa faktor diantaranya tentu saja usia pemakaian jam tagan, kondisi dan tipe jam tangan yang kamu gunakan. Semakin banyak fungsi yang dimiliki jam,tangan tentunya semakin sering baterai jam tangan tersebut harus diganti. Saat waktu sudah melambat atau mati, sebaiknya kamu segera ganti baterai untuk menghindari kebocoran yang merusak mekanisme yang ada pada jam tangan. Jika jam tangan yang kamu miliki  adalah jam mekanis, sebiknya lakukan pemeriksaan dan perawatan setiap dua atau tiga tahun. Faktor seperti seberapa sering jam tangan dipakai dan bagaimana cara menyimpannya saat tidak digunakan sangat berpengaruh dengan frekuensi servis.

  1. Hindari Terkena Benturan

Tentunay memang tidak ada yang mau dengan sengaja membenturkan jam tangan miliknya sendiri ke permukaan keras, tapi nyatanya hal ini sering sekali terjadi. Entah jam tangan itu terbentur saat kamu sedang bergerak, atau terjatuh saat kamu meletakkannya di atas meja. Walau beberapa jam tangan yang ada saat ini sudah dilengkapi material yang tahan guncangan tetapi tetap saja mekanik yang terdapat di dalamnya dapat terpengaruh karena guncangan tersebut.

Nah Sekarang kamu sudah mengetahui gambaran umum untuk memilih dan merawat jam tangan. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga ilmunya bisa bermanfaat.

Comment

News Feed