by

Cara Membaca Voucher Booking Tiket Pesawat

Jika Anda ingin bepergian tentu cara paling mudah untuk pertama kali dilakukan adalah booking tiket pesawat secara online. Ketika telah melakukan pemesanan tiket tentu akan membuat persiapan Anda lebih mudah sebelum keberangkatan. Persiapan menjadi hal yang penting sebelum bepergian liburan maupun beraktivitas di luar kota.

Namun, jika boleh mengetahui, apakah ini kali pertama Anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat? Ini akan menjadi salah satu sensasi yang berbeda dibanding dengan berkendara laut atau darat. Jika biasanya pemandangan yang Anda lihat di darat hanya terpaku pada alam, dan perjalanan laut hanya bisa melihat air, perjalanan udara akan membantu Anda melihat keindahan alam dari ketinggian. Dimana Anda bisa menikmati seluruh pemandangan melalui kaca jendela pesawat.

Proses perjalanan menggunakan pesawat bisa dibilang lebih kompleks mulai dari proses pemesanan tiket, membeli hingga duduk di kursi penumpangnya. Jenis pemesanan tiket pesawat ada 2 cara yaitu tiket kertas yang langsung dicetak dan juga tiket pesawat elektronik. Mayoritas penumpang pesawat kini menggunakan tiket elektronik dibanding dengan tiket kertas. Mereka beralasan jika ini lebih mudah, nyaman dan juga praktis. Setelah itu, barulah tiket pesawat yang telah Anda pesan tadi ditukar dengan boarding pass dan yang lainnya.

Terlepas dari jenis tiket mana yang menjadi pilihan Anda, baik tiket pesawat yang berupa kertas maupun elektronik sama – sama mempunyai informasi penting mengenai keberangkatan Anda menggunakan pesawat menuju tempat tujuan. Jadi, wajib hukumnya Anda harus memahami dengan baik apa yang tertulis dalam tiket pesawat tersebut. Jangan sampai karena ketidak bisaan Anda dalam membaca tiket pesawat membuat Anda tertinggal keberangkatan pesawat. Sehingga, Anda sendirilah yang akan merugi. Berikut cara membaca voucher booking tiket pesawat yang benar!

Kode Booking Tiket Pesawat

Yang pertama kali dilihat adalah kode booking dari tiket pesawat Anda. Kode booking tersebut biasa dikenal juga sebagai kode untuk melakukan konfirmasi. Kode ini adalah kode untuk melakukan pemesanan atau reservasi. Umumnya, kode pemesanan ini terdiri atas kombinasi huruf dan juga angka contoh MY73CK. Kode pemesanan ini bersifat penting karena akan menjadi bukti untuk Anda bahwa telah melakukan pemesanan tiket pesawat. Ini sama halnya dengan Anda melakukan reservasi tiket kereta yang juga tertera kode pemesanan untuk dapat mencetak tiket kereta Anda nantinya.

Waktu dan Tempat Penerbitan Tiket Pesawat

Yang berikutnya adalah waktu sekaligus tempat akan diterbitkannya tiket pesawat Anda. Pada setiap tiket telah terdapat waktu sekaligus tempat untuk mencetaknya, baik tiket kereta maupun tiket pesawat. Hal tersebut mempunyai tujuan untuk pemenuhan kepentingan dalam administrasi perusahaan maupun maskapai sebuah penerbangan. Selain itu, waktu dan juga tempat mencetak mempunyai fungsi sebagai penentu terhadap tarif yang ditetapkan. Maka dari itu, Anda selalu menemukan tarif yang berbeda dari tiap tiket pesawat yang dikeluarkan yang pada dasarnya sama tapi yang membuat perbedaan adalah waktu, jam dan juga harinya saja. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan booking tiket pesawat adalah saat liburan atau hari – hari besar itu akan membuat harga tiket melambung tinggi. Jika ingin mendapatkan harga rendah maka harus memilih tanggal atau hari yang tidak mempunyai banyak peminat.

Nama Penumpang Pesawat

Pada setiap tiket tentu tercantum nama dari penumpang. Hal tersebut menunjukkan identitas dari penumpang yang membooking tiket. Dikarenakan dalam melakukan pemesanan pasti menggunakan kartu identitas, maka nama yang tertera pun harusnya sama dengan yang terdapat pada kartu identitas. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengamankan penumpang sendiri. Jika nama yang tertera tidak sama dengan yang terdapat di kartu identitas maka bisa saja tiket Anda telah jatuh ke tangan orang lain. Jika terjadi ketidakcocokan antara nama di  tiket dan juga kartu identitas terjadi maka akan membuat proses check in menjadi terhambat. Tidak jarang dari mereka diminta melakukan pembelian tiket ulang. Agar tidak terjadi hal demikian maka lebih teliti lagi sebelum melakukan pengisian data penumpang pesawat.

Nomor Penerbangan Pesawat

Nomer penerbangan ini akan menunjukkan kota asal dan kota tujuan penerbangan yang akan dilakukan oleh pesawat. Setiap nomornya mempunyai rute penerbangan sendiri yang bermanfaat untuk mempermudah bagian administrasi maskapai dalam melakukan pendataan pesawat mana saja yang telah melakukan take off.

Tujuan Penerbangan Pesawat

Yang perlu dibaca dari voucher booking tiket pesawat adalah tujuan penerbangannya. Dalam destinasi penerbangan juga diikutsertakan mengenai sifat penerbangan apakah dilakukan satu arah atau dua arah (pulang pergi). Tujuan dari penerbangan ada yang ditulis secara langsung dan ada juga yang ditulis menggunakan kode seperti KUL dari Kuala Lumpur, CGK dari Jakarta dan sebagainya.

Tanggal dan Jam Keberangkatan Pesawat

Dalam tiket pesawat juga tertera mengenai tanggal dan jam keberangkatan pesawat. Tanggal dan juga jam tersebut nantinya akan menunjukkan keberangkatan pesawat yang Anda tumpangi mulai dari take off hingga landingnya. Jam yang digunakan sesuai dengan standar waktu Indonesia baik itu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Timur (WIT) dan Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Harga Tiket Pesawat

Harga tiket pesawat adalah akumulasi dari berbagai komponen, antara lain:

  1. Pajak, ini membuat harganya bertambah 10 % dari harga aslinya. Karena menjadi sumber dari penghasilan negara jadi tiket pesawat juga harus dikenai pajak.
  2. Asuransi. Ini berguna untuk mengcover hal – hal yang tidak diinginkan jika terjadi. Seperti kecelakaan misalnya, maka akan ditangani menggunakan asuransi.
  3. Airport Tax merupakan pajak untuk memasuki bandara. Ini sedikit unik, karena hanya di Indonesia penumpang dikenai airport tax ini yang jika di negara lain dibebankan pada maskapainya.
  4. Harga asli dari pemesanan tiket pesawat.

Batas Penggunaan Tiket Pesawat

Secara umum di bagian batas penggunaan tiket ditulis beberapa hal singkat saja seperti dibagian iklan atau lainnya.

Jenis Pembayaran Tiket Pesawat

Bagian ini menjelaskan mengenai cara pembayaran yang Anda lakukan. Baik itu tunai maupun menggunakan kartu kredit. Jika pemesanan tiket Anda lakukan secara online maka tagihannya menggunakan kartu kredit. Sehingga nanti yang tertera adalah nomor kartu kredit Anda di bagian jenis pembayarannya.

Masa Berlakunya Tiket Pesawat

Sebuah tiket mempunyai masa berlaku dimana tiket tersebut akan memberi tahu mengenai saat terakhir bisa digunakan untuk melakukan perjalanan udara. Secara umum biasa ditunjukkan dengan tanda titik – titik atau tulisan not valid after. Jika masa berlakunya terlewati maka tiket tidak bisa digunakan.

Nomor Tiket Pesawat

Nomor yang satu ini ditandai dengan adanya angka sebanyak 14 digit yang merupakan nomor seri yang telah dikeluarkan oleh pihak maskapai. Dari 14 digit yang tertera, 3 angka pertama menunjukkan kode maskapai,

Nah, itulah tadi cara membaca voucher dari booking tiket pesawat yang Anda lakukan.

Comment

News Feed