by

Ini Manfaat Balsem Bayi Menurut SehatQ

Seperti yang kita ketahui, balsem seringkali digunakan untuk meredakan flu ataupun badan pegal-pegal. Ternyata balsem tidak hanya untuk orang dewasa, lho! Ada juga balsem bayi yang diperuntukkan khusus untuk bayi.

Di dalam balsem bayi terdapat bahan-bahan alami yang dipercaya aman dan bermanfaat untuk meredakan gejala flu, seperti hidung tersumbat ataupun pegal-pegal pada si kecil.  Perlu Anda ketahui, bayi dan anak-anak lebih rentan terserang dan tertular penyakit flu dibandingkan orang dewasa. Biasanya si kecil tertular flu saat berada di sekitar orang yang sedang flu, baik saat orang itu batuk ataupun bersin.

Gejala flu yang biasa dialami si kecil adalah demam, hidung tersumbat, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan diare. Hal ini tentu saja membuat si kecil rewel dan sering kali menangis. Daripada memberikan si kecil obat-obatan yang tidak sesuai dengan anjuran dokter, mungkin Anda bisa memberikan balsem bayi pada si kecil.

Balsem bayi pun sangat bermanfaat bagi si kecil, balsem bayi untuk batuk berdahak, balsem bayi untuk batuk pilek, balsem bayi untuk masuk angin, dan beberapa manfaat lainnya.

Dengan balsem bayi, si kecil dapat tidur lebih nyenyak di malam hari dan minyak di malam hari dapat membantu melegakan pernapasannya. Gunakan balsem dengan aroma ringan sehingga bayi merasa nyaman ketika tidur.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil sedikit balsem dan oleskan tipis pada dada, leher, dan punggung si kecil. Jangan lupa untuk memberikan pijatan lembut pada si kecil untuk membuatnya merasa nyaman. Namun, jangan sekalipun mengoleskan balsem bayi pada kulit yang terluka atau sensitif. Hindari juga penggunaan pada area wajah.

Untuk menghindari efek yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda membaca petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan terlebih dahulu. Hindari balsem dengan aroma alkohol dan sintetis, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit si kecil.

Anda dapat memilih balsem bayi dengan review yang bagus, seperti Eucalyptus ataupun Chamomile. Kedua balsem bayi ini dipercaya dibuat dari bahan-bahan alami yang baik untuk kulit bayi.

Kandungan Chamomile pada balsem bayi sangat bermanfaat untuk anak dan orang dewasa yang mempunyai gangguan tidur. Tak hanya itu, tanaman ini juga memberi efek menenangkan bagi si kecil, mengatasi perasaan cemas, dan membuat si kecil lebih rileks.

 Sedangkan kandungan pada Eucalyptus dipercaya mampu melegakan pernapasan si kecil. Ada dua jenis Eucalyptus, di antaranya adalah Eucalyptus radiata dan Eucalyptus globulus. Akan tetapi, jangan gunakan Eucalyptus globulus pada anak di bawah umur 2 tahun.

Selain penggunaan balsem bayi, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan pada si kecil untuk mengatasi gejala flu. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mencukupi asupan cairan

Dengan asupan cairan yang cukup dapat mencegah si kecil mengalami dehidrasi.

  • Istirahat

Saat mengalami flu, tubuh si kecil akan terasa lesu, sehingga membutuhkan lebih banyak istirahat.

  • Pelembap udara

Udara yang lembap dapat membantu lendir atau ingus pada si kecil keluar, sehingga pernapasan pun menjadi lega.

Balsem bayi memang baik untuk si kecil, akan tetapi penggunaan yang terlalu sering juga dapat membuat kulit si kecil iritasi. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk penggunaan balsem yang baik pada bayi. Hubungilah dokter pilihan Anda di SehatQ dan Anda dapat berkonsultasi secara online.

Comment

News Feed