by

Bagaimana Cara Kerja Suku Bunga Tabungan? Ini Jawabannya

Mungkin tidak mengherankan bahwa rekening tabungan adalah tempat yang baik untuk menyimpan uang Anda, karena tiap nasabah berhak mendapat suku bunga tabungan. Nasabah yang cerdas tahu bahwa rekening tabungan cenderung menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada rekening giro. Artinya, dengan rekening tabungan, Anda menghasilkan lebih banyak uang dari tabungan yang Anda simpan.

Meskipun rekening tabungan terdengar seperti transaksi yang menjanjikan, Anda mungkin masih bertanya-tanya: Bagaimana cara kerja bunga rekening tabungan? Namun sesungguhnya memahami bagaimana bunga bekerja pada rekening tabungan adalah bagian penting dari memaksimalkan pendapatan dari uang tunai yang diperoleh dengan susah payah dan disimpan dengan hati-hati.

Apa itu bunga rekening tabungan?

Paling sederhana, bunga adalah biaya yang dibayarkan Bank kepada nasabah atas kepercayaan Anda. Biasanya bank menentukan tarifnya masing-masing dalam kebijakan bunga tabungan. Hal ini tergantung situasi perekomomian perusahaan bank dan negara tempat bank itu berdiri.

Bagaimana cara kerja bunga rekening tabungan?

Suku bunga menentukan berapa banyak uang yang dibayarkan bank kepada Anda untuk menyimpan dana di deposito. Namun, Michael Griffin, seorang akuntan publik bersertifikat dan profesor keuangan di University of Massachusetts Dartmouth, mengatakan Anda harus menggunakan persentase hasil tahunan  untuk membandingkan rekening tabungan dan produk tabungan lainnya.

Anda dapat menggunakan penghitungan tersebut untuk menentukan berapa banyak yang akan Anda peroleh setiap tahunnya. Tingkat bunga dan seberapa sering suku bunga bertambah, kedua hal ini yang nantinya harus Anda perhitungkan.

Misalkan Anda menyetor 5.000.000 rupiah ke rekening tabungan, maka pertahankan angka tersebut dan jangan ambil atau tambahkan uangnya. Jika bank menentukan bunga 1,00% dan bunga majemuk setiap tahun — yaitu, bank membayar bunga atas saldo Anda sekali setiap tahun — Anda akan mendapatkan 50.000 rupiah setelah tahun pertama.

Memahami cara kerja bunga pada rekening tabungan dan membandingkan keuntungan bunga yang ditawarkan di beberapa bank merupakan langkah penting dalam memilih tempat untuk membuka rekening. Adapun saran dari beberapa ahli ekonomi bahwa tabungan online adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan bunga yang tinggi. Karena tabungan online memiliki sedikit karyawan, sangat minim pengeluaran daripada bank yang memiliki kantor fisik dan ada di berbagai cabang di seluruh Indonesia. Akan tetapi Anda juga harus berpikir risiko jika harus menabung di bank online.

Bank dengan suku bunga tertinggi di Indonesia

  • Panin bank dengan suku bunga per tahun 4,75% dengan total tabungan Rp10.039.583.
  • Flexi Max Bank Danamon dengan suku bunga per tahun 1.00% total tabungan mencapai 50.041.667
  • Tabungan usaha CIMB Niaga dengan suku bunga per tahun 0,25% dengan total tabungan mencapai 10.002.083
  • CommWealth dengan total bunga 2.50% dan total tabungan mencapai 10.020.833

Masing-masing bank tersebut memiliki kebijakan sendiri agar nasabah bisa mendapat bunga bank sesuai yang tercantum di atas. Tidak semua produk buku tabungan menerapkan suku bunga tabungan yang sama. Tergantung pada saldo awal, dan ketentuan jumlah setor.

Gunakan bonus rekening untuk tujuan tabungan Anda

Lantas, apa itu suku bunga tabungan? Sekarang setelah Anda melihat bagaimana suku bunga bekerja pada rekening tabungan dan mengetahui apa yang harus dicari saat membandingkan rekening, Anda dapat menggunakan pengetahuan. Baik Anda menabung untuk mobil baru, untuk liburan, atau mengumpulkan dana darurat, memiliki strategi menabung dapat membantu Anda mencapai tujuan. Bijak dalam menabung adalah hal yang penting untuk kelangsungan finansial Anda di masa yang akan datang. Meski tabungan bukan satu-satunya cara untuk menyimpan uang, akan tetapi tabungan telah membantu banyak orang dalam kondisi darurat dan mewujudkan keinginan.

Comment

News Feed