by

Apa Perbedaan Paling Mendasar antara Brosur dengan Pamflet?

Baik pamflet maupun brosur sama-sama dibutuhkan oleh perusahaan untuk kepentingan promosi. Keduanya sangat ampuh untuk mengkomunikasikan proposisi nilai (value proposition) perusahaan ke target audien. Sebelum buka jasa desain pamflet, ada baiknya kenali perbedaan mendasar antara pamflet dengan brosur lebih dulu.

Definisi mengenai Pamflet

Pamflet itu bukanlah hal yang baru. Dulu, di abad ke-18 sudah digunakan untuk menyebarkan informasi sekaligus mempengaruhi institusi dan masyarakat umum. Sebagian besar berkenaan dengan kepentingan politik. Bahkan dulu pernah digunakan untuk meruntuhkan dominasi institusi tertentu yang dinilai berbahaya untuk masyarakat.

Spesifikasi Pamflet yang Bersifat Khusus

Untuk membuat pamflet dalam bentuk fisik, Anda tidak perlu menggunakan kertas kualitas bagus. Begitu pula dengan teknik pewarnaan tertentu. Fokus saja pada isi pamflet, mengingat jumlah konten yang masuk bisa dalam jumlah banyak. Misalnya tabel konten, judul, gambar, deskripsi dari gambar, grafik, referensi atau rujukan, dan lain-lain.

Pamflet bisa difungsikan sebagai katalog, buku pedoman, serta bahan rujukan. Pada dasarnya, masyarakat butuh pamflet karena menginginkan detail informasi yang disediakan. Selain digunakan untuk buku pedoman, pamflet juga bisa difungsikan sebagai alat untuk kampanye politik atau menyampaikan aspirasi dari rakyat.

Pada platform yang lebih luas, pamflet bisa ditujukan untuk kepentingan perencanaan keluarga sampai masalah perabot rumah tangga. Ciri khas dari pamflet itu bersifat edukatif dan punya tujuan yang informatif. Biasanya tidak digunakan untuk iklan. Sebab, iklan bersifat ringkas, sedangkan pamflet lebih mendetail.

Lay out suatu pamflet bisa dalam bentuk selembar kertas. Bisa pula lebih dari itu, tergantung tujuan Anda. Bila ingin ditujukan untuk kepentingan klien, komunikasikan lebih dahulu. Biar dalam pengerjaan nantinya tidak terjadi miss-komunikasi.

Definisi Brosur secara Umum

Tidak seperti pamflet. Pada abad ke-18, bahkan tidak ada yang menggunakan brosur. Kalaupun ada, hanya sedikit. Berbeda dengan zaman sekarang. Untuk keperluan publikasi, suatu perusahaan memerlukan jasa desain pamflet, brosur, kartu nama, logo, dan sebagainya. Sebagian besar untuk kepentingan branding dan iklan.

Ciri Khusus Brosur yang Berbeda dengan Pamflet

Brosur itu seringkali terdiri dari barisan kalimat yang sangat ringkas dan berbentuk poin-poin. Di dalamnya terdiri dari pengenalan suatu produk, servis, perusahaan, aktivitas, organisasi, hotel, event, dan lain sebagainya. Mengapa brosur lebih ringkas daripada pamflet? Sebab tujuan pembuatan brosur khusus untuk kepentingan audien yang hendak menggunakan produk atau layanan. Jadi tidak butuh informasi yang mendetail.

Brosur yang dibuat acapkali dalam bentuk satu lembaran kertas. Kualitas kertas yang digunakan pun kelas premium. Minimal tidak mudah sobek atau rusak oleh air. Penggunaan warna juga lebih warna-warni. Misalkan brosur bertema tempat wisata. Maka desain brosur harus mampu menarik minat para turis untuk bersedia memasuki tempat wisata tersebut.

Antara Brosur dan Pamflet, Lebih Sering Digunakan yang Mana?

Berhubung brosur difungsikan untuk promosi suatu produk atau layanan, maka lebih sering dibutuhkan ketimbang pamflet. Akan tetapi, dua-duanya sangat penting. Jika pamflet berperan sebagai booklet atau buku kecil, maka brosur yang mengenalkan sebagian besar isinya pada target audien. Jadi, keduanya saling melengkapi.

Berapa biaya untuk mendesain keduanya? Variatif sekali, ya. Ada yang 95 ribu Rupiah. Ada pula yang lebih dari 250 ribu Rupiah. Tergantung seberapa profesional desainernya. Selalu ada waktu untuk belajar meningkatkan nilai serta kualitas hasil desain Anda di hadapan klien.

Baik jasa desain pamflet  maupun brosur sebaiknya Anda kuasai keduanya. Kemudian bangun portofolio dalam bentuk blog agar lebih mudah dikunjungi para klien. Sebagai permulaan, bisa masuk lebih dahulu ke marketplace khusus freelancer. Misalnya bergabung dengan Fastwork untuk mendapatkan job desain pamflet atau brosur pertama kali.

Comment

News Feed