by

6 Cara Mengolah Daging Ayam Sebelum Memasak

Hampir setiap hari banyak keluarga yang menyediakan masakan daging ayam. Salah satu sumber protein hewani ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik, namun juga harus berhati-hati dalam memasaknya.

Dalam kondisi masih mentah, daging juga mengandung banyak bakteri. Seperti Salmonella, E. Coli, dan lain sebagainya.

Jika salah dalam penanganan, memasak daging ayam ini bisa menyebabkan sakit perut. Nah, bagaimana cara penanganan daging ayam sebelum memasaknya agar aman?

  1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Kebersihan menjadi kunci dalam pengolahan daging ayam ini. Sebelum melakukan pengolahan, cucilah tangan terlebih dahulu.

Cuci tangan dengan sabun atau dengan air hangat. Hal ini berguna untuk mengindari adanya penyebaran bakteri dan virus lebih banyak.

Mencuci tangan dengan sabun maupun dengan air hangat akan mematikan mikroba yang ada dalam tangan, sehingga tidak menambah bakteri yang ada di dalam ayam.

  1. Keringkan Dulu Sebelum Memasak

Mikroba sangat menyukai kondisi yang lembab. Karena itu sebisa mungkin keringkan terlebih dahulu ayam sebelum melakukan proses pemasakan.

Untuk mengeringkannya kamu bisa menggunakan handuk atau kertas tisu. Proses pengeringan ini akan menghambat proses penyebaran mikroba yang terjadi.

  1. Jangan Dicuci! Rendamlah dengan Air Hangat

Proses pencucian daging ayam ini malah bisa menjadi media penyebaran mikroba yang ada di dalam daging ayam. Karena itu, untuk menghindari penyebaran lebih luas sebaiknya tidak mencuci ayam sebelum memasaknya.

Akan lebih efektif dengan melakukan perendaman ayam dengan air hangat selama kurang lebih 15 menit. Air hangat ini bisa membuat mikroba dalam ayam bisa mati.

Kemudian, ketika mencucinya harus dengan air yang mengalir. Sehingga mikroba tidak akan menyebar ke wadah, dan peralatan masak lainnya.

  1. Lumuri dengan Cuka atau Perasan Jeruk

Proses penanganan daging ayam yang baik juga dengan melumurinya menggunakan cuka atau air perasan jeruk. Kedua bahan ini bisa membuat bakteri yang ada di dalam daging ayam bisa terbunuh.

Cara penggunaannya adalah dengan melumuri daging ayam menggunakan cuka dan perasan air lemon selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, baru dicuci dengan air yang mengalir, untuk menghilangkan bau dan mikroba yang tertinggal.

  1. Masukkan Dalam Freezer

Ketika ingin mengolah daging ayam dalam freezer kamu harus mencairkannya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencairkan daging ayam tersebut di bagian kulkas lainnya yang memiliki suhu lebih besar dari freezer, biasanya di bagian bawah.

Jangan mencairkannya di ruang terbuka, yang malah akan membuat banyak bakteri bisa semakin banyak.

  1. Gunakan Peralatan Masak Sendiri, Jangan Dicampur

Proses penanganan daging ayam yang baik adalah dengan tidak mencampurkannya dengan peralatan masak lainnya. Banyaknya bakteri yang dibawa oleh daging ayam bisa menyebar dan mengkontaminasi peralatan masak.

Jika memungkinkan ambil bagian tempat tersendiri dalam penanganan daging ayam ini. Ketika sudah siap, tinggal memasukkan ayam ke dalam olahan masakan yang ingin dibuat.

Untuk mendapatkan daging ayam yang masih segar, dengan kualitas terbaik dapatkan di TaniHub sekarang juga. TaniHub merupakan marketplace yang menyediakan berbagai hasil pertanian dan peternakan langsung dari petani lokal.

Tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan daging ayam terbaik. Sekarang kamu pesan, besok pasti sudah sampai di meja dapur kamu.

Jadi, dapatkan daging ayam terbaik dari TaniHub sekarang juga. Selain kualitas dan harga yang murah banyak promo disediakan untuk kamu saat berbelanja di TaniHub.

Comment

News Feed